Tag Archives: malin kundang

Dari Makanan Padang Hingga Malin Kundang di Sumbar

Banyak sekali terdapat masakan padang yang sangat lezat di setiap sudut kota yang ada di sumatera barat. Jika pergi ke sumbar, hal yang paling utama harus dicoba adalah kulinernya. Ini dia beberapa kuliner khas sumbar yang mendunia :

1. Pensi
Sumpah, kerang kecil ini enak banget! Ga ngerti lagi ngolahnya gimana. Jarang ditemui di Jawa. Rekor nambah karena Pensi, 4x nambah.

2. Itiak Lado Mudo.
Masakan bebek terenak yang pernah gue rasakan! Bumbu cabai hijau dengan aneka rempah, bener-bener nampol di lidah! Tambah terus! Rekor nambah karena Itiak Lado Mudo, 2x nambah.

3. Cincang dan Rencang.
Beda banget cincang dan rendang di sini dengan di Jawa. Cincangnya bener-bener daging dan sedikit gajih, rendang juga dibuat dengan dua langkah terlebih dahulu (gulai lalu kalio) baru disajikan. Warna hitam di rendang, benar-benar seperti oli. Padat merayap!

4. Es Duren.
Ini enak parah, beda banget sama es lodaya yang di Jakarta. Wajib coba, kental durennya bikin nagih!

5. Martabak Mesir.
Martabak telor berisi daging dan kuah khas, siapa yang berani nolak.

6. Langkitang.
Tutut kali ya kalau di Bandung. Tapi asli, kalau kebanyakan bisa kolesterol. Kemaren aja pusing.

7. Sate Mak Syukur.
Disimpan di posisi bontot, entah kenapa rasanya biasa aja. Enak sih dibanding yang di deket kisan, tetapi tetap aja di bawah ekspektasi. But overall, lumayan!

Apa lagi, ya? Banyak bener, euy! Jangek Kuah, Sanjai, Teh Talua, Bubur Kampiun, Kopmil, Bika Mariana dan sebagainya. Juaraaaaaa!

“Maaaaaaak, maafkan amboooo maaaaak!” teriak sang Malin.

Heboh, Patung Malin Kundang Ternyata Buatan Manusia - ERA.ID

Tetapi Tuhan berkehendak lain, lalu sekonyong-konyong berubahlah Malin Kundang menjadi batu.

Pada tahu kan kisah itu? Yud rasa semua hampir mengetahui kisah tentang Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada orang tua. Perjalanan Yud bersama tim @travelgaul tiba juga di Pantai Air Manis, yang merupakan situs Malin Kundang. Melihat batu Malin ini sih, ngeri ngeri sedap. Kalau menurut geologi mungkin andesitik (halah) Sekedar pesan sih, sayangilah orang tua teman-teman selagi hidup. Oke?

Entah kenapa banyak sekali situs di Sumatera Barat yang menyelipkan legenda-legenda daerah. Selain Pantai Air Manis (situs Malin Kundang), ada juga Danau Maninjau (tragedi pemuda patah hati, yang bisa dibaca di postingan sebelumnya), dan ada juga Pulau Pasumpahan (konon dinamakan seperti itu karena dulu ada perebutan lahan oleh tuan tanah hingga perlu bersumpah di atas pulau itu). Hmm banyak sekali situs yang dihubungkan dengan cerita. Kira-kira adalagi tempat lain yang kamu tau di daerahmu? Misalnya Tangkuban Perahu atau apa gitu, di share dong!